GBTP GKE 2015-2020

KONSEP POKOK-POKOK

GARIS-GARIS BESAR TUGAS PANGGILAN GKE

2015-2040

(GBTP GKE JANGKA PANJANG KE 2 UNTUK 25 TAHUN )

  1. GKE melanjutkan peningkatan kualitas dan kuantitas kemandirian GKE bidang teologi, daya dan dana demi kemuliaan nama Tuhan Yesus Kristus, kemajuan GKE dan menjadi berkat bagi sesama di tingkat lokal, nasional dan internasional.
  2. GKE meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya warga GKE melalui pendidikan, pembinaan dan pelatihan agar mereka semakin mampu menjadi saksi Kristus secara nyata untuk mewujudkan damai sejahtera dan cinta kasih Tuhan Yesus Kristus bagi sesama dalam konteks kehidupan keluarga, jemaat, masyarakat dan bangsa.
  3. GKE meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya pejabat gerejawi GKE yaitu penatua, diakon, penginjil/pambarita, pendeta dan calon pejabat Gerejawi (vikar) melalui berbagai bentuk pendidikan, pelatihan dan pembinaan agar semakin mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dalam jemaat dan masyarakat dengan baik, benar, setia dan sukacita sesuai dengan program GKE untuk kemuliaan nama Tuhan Yesus Kristus.
  4. GKE selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas pengelolaan serta penyelenggaraan yayasan dan lembaga pendidikan gke dari tingkat TK sampai dengan Perguruan Tinggi agar mampu bersaing secara sehat dengan lembaga pendidikan di luar GKE yang bermutu dan sudah maju.
  5. GKE mendidik, membina, membangun dan mendampingi anak-anak, remaja dan pemuda/pemudi GKE sebagai generasi penerus Gereja dan bangsa yang takut akan Tuhan, setia kepada GKE, hormat kepada orang tua, mengasihi sesama dan mencintai bangsa indonesia.
  6. GKE meningkatkan kualitas iman/spiritual warga gke melalui berbagai bentuk pelayanan yang kreatif, bermutu, menarik dan inovatif, seperti pelayanan: ibadah, persekutuan doa, paduan suara Gerejawi, pemahaman alkitab (pa), penggembalaan, jemaat rumah, dll.
  7. GKE selalu turut serta dalam upaya melestarikan lingkungan hidup yang indah, bersih, nyaman dan sehat.
  8. GKE melanjutkan tugas pekabaran injil yang bersifat inklusif dalam konteks masyarakat majemuk dengan mengedepankan pendekatan kasih dan persaudaraan.
  9. GKE melanjutkan berbagai pembangunan yang bersifat fisik disegala tingkatan organisasi GKE (sinode, resort, jemaat, badan, yayasan dan lembaga milik GKE).
  10. GKE mendukung dan menyambut pasar bebas asean atau masyarakat ekonomi asean (mea) yang mulai dilaksanakan tahun 2015. pasar bebas asean tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional seperti: dokter, pengacara, akuntan, dosen, dll. dalam rangka menyambut dan menghadapi era pasar bebas asean ini, maka GKE harus mensosialisasikan tujuan dan dampak pasar bebas asean kepada warga jemaat GKE melalui pendidikan, pembinaan dan pelatihan, agar warga jemaat GKE siap dan mampu menghadapi, menjalankan dan memanfaatkan peluang pasar bebas asean tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan.
  11. GKE selalu berkomitmen mengakui, memelihara dan menjadikan agama sebagai sumber perdamaian.
  12. GKE selalu berkomitmen mendukung gerakan anti korupsi.
  13. GKE selalu berkomitmen mendukung upaya gerakan sosialisasi dampak dan resiko penyalahgunaan naroba, pencegahan hiv/aids, dan pms.
  14. GKE selalu berkomitmen mendukung upaya kesetaraan jender dan supremasi hukum .
  15. GKE selalu memelihara, melanjutkan dan membangun hubungan kemitraan dengan lembaga-lembaga lain di dalam dan di luar negeri (lembaga pemerintah dan swasta).
  16. GKE menyiapkan dan mengutus kader-kader GKE yang berkualitas untuk ditempatkan di lembaga-lembaga aras nasional dan internasional.
  17. GKE turut mendukung terwujudnya program pemerintah indonesia sehat melalui kader kesehatan jemaat dan lembaga-lembaga kesehatan milik GKE.
  18. GKE turut mendukung upaya pemerintah memberantas praktik perjudian.
  19. GKE turut serta ambil bagian dalam upaya pelestarian adat, seni, budaya dan kearifan lokal yang kontekstual untuk pelayanan gerejawi.
  20. GKE selalu memelihara, menjaga, dan menjunjung tinggi pancasila dan undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945 demi tetap tegak dan utuhnya negara kesatuan republik indonesia.