TATA GEREJA GKE 2010 -2015

Lampiran : Surat Keputusan Sinode Umum XXII GKE

                        No. 16/SU-XXII/GKE/7/2010

 

Tentang :

 

TATA GEREJA

GEREJA KALIMANTAN EVANGELIS

 

 

PEMBUKAAN

       Atas kasih karunia, berkat dan penyataan Allah Bapa dalam Anak-Nya Yesus Kristus, Juruslamat dunia, melalui karya Roh-Nya yang Kudus, pada tanggal 4 April 1935, jemaat-jemaat yang didirikan oleh Rheinische Missionsgesellschaft zu Barmen yang kemudian dilanjutkan oleh Basler Missionsgesellschaft, dalam sidang yang pertama di Kuala Kapuas mempersatukan diri ke dalam persekutuan yang dinamakan “Gereja Dayak Evangelis”, disingkat “GDE”.

       Selanjutnya didasari oleh kesadaran akan panggilan selaku gereja yang diutus ke dalam dunia, dijiwai oleh semangat oikumenis dan paham kebangsaan, maka pada Sinode Umum V Gereja Dayak Evangelis, tanggal 5-9 Nopember 1950 di Banjarmasin, nama Gereja Dayak Evangelis diubah menjadi Gereja Kalimantan Evangelis”, disingkat “GKE”.

         Gereja Kalimantan Evangelis adalah bagian tak terpisahkan dari Gereja yang universal dari segala masa dan tempat, dan merupakan perwujudan dari gereja “yang kudus dan am”, yaitu Tubuh yang Esa yang Kepalanya adalah Yesus Kristus. Sebagai anggota Tubuh Kristus, Gereja Kalimantan Evangelis bersama gereja-gereja lain dipanggil dan diutus ke dalam dunia untuk bersekutu, bersaksi dan melayani guna menyatakan kasih dan anugerah Allah yang menyelamatkan bagi dunia, baik dengan perkataan maupun perbuatan sambil menantikan penggenapan datangnya Kerajaan Allah.

         Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat dan bangsa Indonesia, Gereja Kalimantan Evangelis berupaya mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera berdasarkan kasih, kedamaian, kebenaran, kejujuran, dan keutuhan ciptaan, serta menghargai hak-hak azasi manusia, kepastian dan keadilan hukum serta kesetaraan dan keadilan gender, sesuai dengan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.        

         Untuk mengatur pelaksanaan tugas-panggilan (misi) Gereja Kalimantan Evangelis, yaitu bersekutu, bersaksi dan melayani, dan hal-hal yang menyangkut pengorganisasian, maka disusunlah Tata Gereja ini yang bersumber dari Firman Allah sebagaimana disaksikan di dalam Alkitab. Berdasarkan situasi dan kondisi baik sosiologis maupun geografis Kalimantan dan Indonesia, di mana Gereja Kalimantan Evangelis ditempatkan oleh Tuhan, maka seluruh tata organisasi Gereja Kalimantan Evangelis didasarkan pada sistem “Sinodal Presbiterial”.

TATA GEREJA GKE 2010 – 2015 – Lengkap silahkan “klik” download disini

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *