GBTP dan Pokok-Pokok Ajaran GKE 2010-2015

GARIS-GARIS BESAR TUGAS PANGGILAN V

GEREJA KALIMANTAN EVANGELIS

2010 – 2015

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. PENGERTIAN

 

Visi GKE adalah “terwujudnya langit yang baru dan bumi yang baru”. Dengan visi seperti itu maka misi GKE dikenal sebagai Tri Panggilan Gerejawi, yaitu “bersekutu, bersaksi dan melayani”.

 

Dalam upaya menjabarkan Visi dan Misi tersebut secara bertahap dan berkelanjutan maka dalam periode tertentu ditetapkan Garis-garis Besar Tugas Panggilan Gereja Kalimantan Evangelis yang selanjutnya disebut GBTP GKE, yaitu untuk periode dua puluh lima tahunan, kemudian dibagi dalam periode lima tahunan.

Dengan demikian GBTP GKE adalah ketetapan tentang pokok-pokok tugas panggilan GKE dalam kurun waktu tertentu untuk mencapai tujuan yang ditetapkan bersama serta menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh warga GKE.

 

GBTP GKE ditetapkan sebagai landasan dan arahan bagi semua Rencana Program dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja GKE serta memberi pedoman bagi pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian setiap kegiatan gereja yang bersekutu, bersaksi dan melayani.

 

Sejak tahun 1988–1994 GKE telah memiliki GBTP yang pertama, dan secara berturut-turut telah disusun GBTP lima tahunan berikutnya dan yang terakhir adalah GBTP-GKE tahun 2005-2010 sebagai GBTP lima tahunan yang ke empat. Dilihat dari perspektif waktu perencanaan, GBTP GKE 2010-2015 ini merupakan kelanjutan dari GBTP sebelumnya dan merupakan GBTP lima tahunan yang terakhir dalam periode dua puluh lima tahunan yang pertama.

 

Sesuai dengan Tata Gereja GKE, GBTP GKE tahun 2010 – 2015 ini merupakan kristalisasi pernyataapn kehendak seluruh warga gereja GKE melalui Sinode Umum XXII GKE di Pontianak, tanggal 5 – 9 Juli 2010 yang ditetapkan dalam terang Tema : “Tuhan itu, baik kepada semua orang“ (Mazmur 145:9a)

 

2. DASAR, MAKSUD DAN TUJUAN

 1. DASAR 

1.1   Dasar Teologis

Sesuai dengan hakekat gerejawi, dasar Teologis dari GBTP GKE adalah Firman Allah yang terdapat dalam Alkitab, dimana gereja terpanggil untuk :

  • Bersekutu (Koinonia) → Yoh. 17 : 20 – 21
  • Bersaksi (Marturia)   → Kis. 1 : 8
  • Melayani (Diakonia)  → Luk. 4 : 18 – 19
  • 1.2   Dasar Konstitusional

Tata Gereja GKE Bab IV s/d Bab VII Keputusan Sinode Umum GKE XXII/2010 di Pontianak

MAKSUD DAN TUJUAN

2.1   MAKSUD

 

  1.  Sebagai pedoman dan acuan jangka pajang ( 25 tahun) bagi GKE dalam rangka menuju kemandirian di bidang Teologia, Daya dan Dana.
  2. Sebagai pedoman dan acuan bagi Badan Pekerja Harian MS GKE, Yayasan, Badan dan Lembaga, Majelis Resort dan Majelis Jemaat di lingkungan GKE dalam menyusun Program Kerja Jangka Menengah dan Program Kerja Tahunan dalam periode 2010 – 2015.

 

2.2   TUJUAN

 

  1. Terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi dalam program Majelis Sinode, Yayasan, Badan, Lembaga, Resort dan Jemaat di lingkungan GKE.
  2. Terwujudnya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan.
  3. Mengoptimalkan partisipasi warga gereja.
  4. Tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, dan berkelanjutan.
  5. Memudahkan penilaian terhadap hasil capaian kinerja Majelis Sinode, Yayasan, Badan, Lembaga, Resort dan Jemaat di lingkungan GKE baik Tahunan maupun Lima Tahunan.

 

 

  1. SISTEMATIKA

GBTP ini disusun dengan sistematika sebagai berikut :

 

BAB I        : PENDAHULUAN, yang berisi Pengertian GBTP, Dasar serta Maksud dan Tujuan penyusunan                        GBTP GKE.

 

BAB II       :  KONDISI UMUM DAN PERMASALAHAN YANG DIHADAPI.

Pada bagian ini diungkapkan kondisi internal   dan kondisi eksternal GKE. Dalam kondisi                                internal antara lain dimuat hasil capaian/kinerja MS GKE periode 2005-2010. Dari kondisi                            internal dan eksternal tersebut selanjutnya dirumuskan permasalahan yang sedang dan akan                          dihadapi dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

 

BAB III      :  VISI DAN MISI.

Dengan memperhatikan Visi dan Misi periode sebelumnya serta capaian kinerja, disusun Visi                         dan Misi GKE untuk periode 2010– 2015.

 

BAB IV      :  POKOK-POKOK PROGRAM.

Untuk mewujudkan Visi dan melaksanakan Misi yang telah disepakati, dirumuskan pokok-pokok program untuk periode 2010-2015.

 

 

BAB V       :  PENANGGUNG JAWAB PELAKSANAAN.

Pokok-pokok program pada gilirannya akan dirinci dalam program dan kegiatan. Penanggung jawab pelaksanaan program dan kegiatan akan ditentukan sesuai dengan jenjang organisasi BPH MS GKE, Yayasan, Badan dan Lembaga, Majelis Resort dan Majelis Jemaat di lingkungan GKE.

 

BAB VI      :  PENUTUP.

Bagian ini diakhiri dengan harapan dan doa agar GBTP GKE ini dapat terlaksana dengan penyertaan Tuhan Yesus yang adalah Kepala Gereja.

 GBTP GKE 2010 – 2015 lebih lanjut silahkan “KLIK” baca atau download

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *