Sinode Umum ke-XXIV GKE Digelar Secara Virtual

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong membuka Sinode Umum XXIV Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) tahun 2021 yang digelar 6-9 Juli mendatang. Sinode ini mengambil tema aku adalah alfa dan omega, serta sub tema, GKE bersama seluruh warga bangsa turut membangun dan memperkuat NKRI dalam segala bidang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Yang menjadi sub tema dalam sinode umum ini saya harapkan bisa terwujud, sehingga GKE menjadi organisasi yang mengedepankan kasih, dan tercipta rasa saling menghormati. Siapapun nanti yang terpilih menjadi ketua umum, harus mempersiapkan langkah dalam menghadapi tantangan kedepan,” ucap Jaya, Selasa 6 Juli 2021 malam.

Dia mengatakan, pelaksanaan sinode umum ke-24 GKE tahun 2021, untuk pertama kalinya digelar secara virtual. Namun itu tidak mengurangi makna dari event tersebut. Diharapkan nanti, akan menghasilkan keputusan penting yang menjadi tonggak baru untuk memperbaharui diri dan organisasi.

“Kabupaten Gumas selaku tuan rumah, juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila penyelenggaraan sinode umum ini menjadi kurang nyaman dan tidak sesuai dengan rencana semula. Hal ini semata-mata karena kondisi wilayah kita yang masih dilanda pandemi Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sinode Umum ke-24 GKE Rony Karlos mengatakan kegiatan sinode umum GKE merupakan event tertinggi bagi GKE. Untuk itu, panitia dengan kesungguhan dan berbagai upaya sudah mulai menyiapkan seluruh keperluan persidangan sejak tahun 2017-2018, untuk menyukseskan penyelenggaraan acara ini.

“Namun sejak Bulan Maret tahun 2020 hingga sekarang terjadi pandemi Covid-19, sehingga berdasarkan hasil keputusan rapat panitia dengan Majelis Sinode GKE bersama pemerintah kabupaten (pemkab) dan forkopimda, memutuskan kegiatan ini hanya dihadiri 10 orang di Gedung Christian Center Kalawa Kuala Kurun, yaitu hanya dari Majelis Sinode GKE yang bertindak sebagai pimpinan sidang,” ujarnya.

Dia menuturkan, peserta sinode umum GKE terdiri dari Majelis Pertimbangan GKE, Badan Pemeriksa Perbendaharaan GKE, Badan Pekerja Harian Majelis Sinode GKE, Perwakilan Majelis Sinode GKE kabupaten/kota se kalimantan, Majelis Resort GKE se kalimantan dan DKI Jakarta, serta Yayasan/Badan/Lembaga GKE.

“Kalau jumlah dana yang terhimpun untuk mendukung kegiatan Sinode Umum ke-24 GKE Rp 2.221.111.000, yang berasal dari bantuan pemkab, donatur, sumbangan, dan bantuan lainnya. Dari jumlah dana itu, pengeluaran Rp 1.790.140.903 dan sisa saldo Rp 430.970.079,” tandasnya.

(sid/matakalteng.com)

Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/gunung-mas/2021/07/07/sinode-umum-ke-xxiv-gke-digelar-secara-virtual

Bapak/Ibu dan Saudara(i) juga bisa menghubungi kami melalui komentar:

Scroll to Top