Sinode Umum XXIV GKE Dibuka

Pelaksanaan Sinode Umum XXIV Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) akhirnya dibuka secara langsung oleh Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong, Selasa (6/7) malam. Bertepatan dengan itu, sebelumnya diresmikan juga Gedung Christian Center Kalawa, yang merupakan tempat penyelenggaraan kegiatan Sinode Umum tersebut.

Bupati Gumas menuturkan, kegiatan Sinode Umum akan dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Hal ini mengingat di masa pandemi Covid-19 sangat penting disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Di masa-masa ini tidak memungkinkan, bahkan tidak bisa mengumpulkan orang banyak dalam satu ruangan, sehingga kegiatan Sinode digelar secara daring.

“Sinode Umum XXIV GKE ini adalah Sinode Umum yang pertama kalinya menggunakan sistem daring, karena kita mencegah adanya penyebaran Covid-19 di lapangan,” ujarnya di sela-sela pembukaan.

Terkait itu, dirinya berharap Sinode Umum bisa menghasilkan keputusan penting, yang nantinya sebagai tonggak bagus untuk selalu memperbaharui diri maupun organisasi.

Dengan begitu, ucapnya, GKE tidak akan tertinggal arus globalisasi dan perkembangan kehidupan sosial masyarakat, yang menuntut kebutuhan pelayanan berkualitas. Pihaknya menyampaikan permohonan maaf, apabila penyelenggaraan Sinode Umum menjadi kurang nyaman, bahkan tidak sesuai rencana awal.

Ketua Perwakilan Majelis Sinode GKE Gumas Rony Karlos menuturkan, akibat pandemi Covid-19 ini, kegiatan Sinode Umum di Christian Center Kalawa hanya diihadiri oleh 10 orang, semuanya merupakan pimpinan sidang dari Majelis Sinode GKE.

“Walaupun berat tapi keputusan ini harus diambil mengingat tingginya kasus pandemi Covid-19, serta beredarnya surat perintah Gubernur Kalimantan Tengah tentang peningkatan upaya penanganan Covid-19 dan percepatan pelayanan vaksinasi Covid-19,” katanya.

Kendati begitu, pihaknya mengajak untuk bersyukur dalam penyelenggaraan Sinode Umum XXIV GKE yang bisa terlaksana walau secara virtual. Dia berharap kegiatan itu bisa berlangsung lancar, aman dan sukses. drn

Sumber: https://www.tabengan.com/bacaberita/53698/sinode-umum-xxiv-gke-dibuka/

Bapak/Ibu dan Saudara(i) juga bisa menghubungi kami melalui komentar:

Scroll to Top